Home > Seminar & Workshop > Seminar Virus Komputer di Unnes Semarang

Seminar Virus Komputer di Unnes Semarang

Kali ini, kota Semarang yang punya hajatan mengadakan seminar virus komputer. Tanggal 16 Juni 2007 yang lalu, Biro Studi Teknologi Informasi & Rekayasa Elektro, HIMPro Teknik Elektro-Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Seminar Computer Security 2007 dengan tema “Mengungkap Fenomena Virus Komputer dan Solusinya”. Sebagai pembicara tunggal (dari rencana dua pembicara), hadir PC Media yang diwakili oleh Anton R. Pardede selaku Group Chief Editor & Chief Antivirus Researcher. Untuk kali pertama, Anton hadir dengan live computer virus demo.

Seminar Antivirus di Unnes, Semarang.

Ruang di Graha Cendekia, Fakultas Teknik Unnes, yang berkapasitas 200 tempat duduk terlihat penuh. Acara yang dimulai pukul 9.00 WIB dan berakhir pukul 14.00 ini dimoderatori oleh Bpk. Budi Sunarko, MT. selaku dosen teknik elektro Unnes. Pada sesi pertama, Anton menjelaskan virus komputer secara umum dengan bantuan slide presentasi dan dilanjutkan dengan tanya jawab kepada peserta seminar. Sesi kedua diisi oleh para sponsor yang ikut mendukung acara ini. Dan pada sesi ketiga, Anton mendemokan secara langsung virus komputer yang ditularkan ke notebook yang disediakan oleh panitia.

Ada dua virus komputer yang didemokan, yakni Brontok-18R dan KSpoold. Pada sesi ini, diperlihatkan ciri-ciri Windows yang belum terinfeksi, lalu virus mulai diaktifkan dan ditularkan ke USB flash disk. Peserta dapat melihat ciri-ciri Windows yang telah terinfeksi. Mereka juga dapat menyaksikan secara langsung jalannya proses penginfeksian file dokumen Word dan Excel yang dilakukan oleh virus KSpoold satu demi satu. Diperlihatkan juga bagaimana PCMAV RC17 terbaru dapat mengatasi kedua virus tersebut secara tuntas dan aman 100%.

Selain itu, menjawab pertanyaan dari peserta, Anton juga menjelaskan algoritma pemrograman bagi penyelamatan file DOC & XLS yang terinfeksi oleh KSpoold. Dan di akhir acara, Anton mengungkap dua paramater undocumented (rahasia) dari PCMAV, yakni untuk memperbaiki registry yang rusak akibat penggunaan antivirus lain yang kurang tuntas maupun akibat virus itu sendiri, serta parameter untuk mengetahui kegiatan behind-the-scene PCMAV ketika melakukan pendeteksian.

Di acara ini, panitia membagikan tabloid PC Mild bagi 150 peserta pertama, sertifikat, stiker, dan sebuah CD yang berisi soft copy dari materi seminar, tool freeware untuk menganalisa virus, tampilan demo virus komputer dalam format Flash, serta source code PCMAV SE yang dibuat dengan Delphi. Selain itu, Anton juga memberikan doorprize berupa 1 flash disk 512MB yang berisi PCMAV RC17 terbaru.

————————
CATATAN: Semua acara seminar/workshop antivirus yang diisi oleh PC Media diselenggarakan oleh panitia acara ybs. PC Media hanya diundang sebagai pembicara dan bekerja sama dalam meliput acara tersebut untuk kepentingan publikasi di majalah PC Media dan tabloid PC Mild. PC Media sama sekali tidak pernah menyelenggarakan seminar/workshop antivirus selain di pameran komputer yang diikuti oleh PC Media Group.

Categories: Seminar & Workshop Tags:
  1. andi
    June 19th, 2007 at 13:30 | #1

    Toolsnya apa dan didownload dimana

  2. Iqbal
    June 19th, 2007 at 15:23 | #2

    UI mana? Mana UI???
    Kapan adain seminar di UI?

  3. June 19th, 2007 at 18:54 | #3

    eh gimana cara up date PCMAV ? ada klik langsung gitu. ato emang PCMAV dibuat per versi virus? tolong balas

  4. bnx
    June 22nd, 2007 at 14:11 | #4

    walah publikasinya piye kok kayaknya kurang, telat deh…

  5. bee
    July 5th, 2007 at 21:17 | #5

    tul…publikasinya kurang…kalo’ telat gini bikin nyesel,karna ga’ ikutan seminarnya…bsok2,kalo ngadain seminar publikasinya yang oke dunkz…

  6. they_blow
    July 14th, 2007 at 18:48 | #6

    Seminar Ttg virus Di Bali kapan nih??
    Pengen tau juga Lho…

  7. freak master ken
    August 22nd, 2007 at 15:49 | #7

    Di Lampung jg pengen tahu…

  8. August 29th, 2007 at 08:29 | #8

    PC-Mav RC 19 kok terdeteksi sebgai virus di komputer saya ?
    Apakah itu berbahaya!
    Bisa tolong pembahasan tentang virus diperbanyak di majalah PC Media .

  9. D’Arc
    September 1st, 2007 at 21:52 | #9

    Uda sebulan yang lalu gw kirim sampel Virus ke Redaksi PCMedia…Virus CoolFace Mutant..coz di RC 18 ga dideteksi sbg virus…maksudnya agar diperbaiki di RC 19..ehh kmaren gw coba lg pake RC 19 ttep aja g terdeteksi….Mohon perhatian dari PCMAV send me an e-mail most_wanted_black_list@yahoo.com

  10. Wiji
    April 19th, 2008 at 19:02 | #10

    Kasih info dong tentang Seminar,,
    Thank,,

  11. September 19th, 2008 at 11:47 | #11

    Kapan Ya Datang Ke UNP, trusssssssssssssssss …..