Home > Seminar & Workshop > Seminar Virus Komputer Keliling Nusantara

Seminar Virus Komputer Keliling Nusantara

September 28th, 2007 Leave a comment Go to comments

Pada awal bulan September 2007, sebelum menjelang puasa, PC Media banyak menerima undangan untuk mengisi acara seminar virus komputer. Mulai dari Jakarta, Sukabumi, Padang, sampai Manado. Majalah PC Media diwakili oleh Anton R. Pardede selaku Chief Antivirus Researcher PC Media, dan Arief Prabowo selaku Antivirus Research Engineer PC Media. Sungguh menyenangkan kami dapat berbagi ilmu dengan para pembaca setia PC Media. Berikut ini merupakan ringkasan acara tersebut beserta fotonya.

Sukabumi
Dimulai pada tanggal 1 September 2007. Di Sukabumi, Jawa Barat, Keluarga Mahasiswa Teknik Komputer Politeknik Sukabumi mengadakan seminar komputer dengan tajuk “Trouble PC Expose”. Seminar yang diadakan di aula Politeknik Sukabumi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh kalangan mahasiswa dan umum. Acara dibuka oleh Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Drs. Gabril M. Sukarman, M.Pd. Sebagai pembicara tunggal, Anton R. Pardede didaulat untuk membagi pengalamannya mengatasi virus komputer. Berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh virus di komputer, entah itu terkena infeksi virus, trojan, spyware atau malware adalah salah satu alasan akademia Politeknik Sukabumi mengadakan seminar ini. Satu hal yang membuat Anton cukup takjub di acara ini adalah, dibanding seminar lain yang pernah diisi, para peserta di Sukabumi  ini ternyata luar biasa hening ketika Anton sedang melakukan presentasi.

Manado
Setelah menyambangi Sukabumi, pada tanggal 10 September 2007, Anton terbang ke Manado, Sulawesi Utara, untuk memenuhi undangan dari Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi yang mengadakan seminar dengan tema “Mengenal Varian Virus”. Seminar ini diadakan di aula SMA Rex Mundi Manado, dan berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIT. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Prof. Ellen J. Kumaat, MSC, DEA. Salah satu yang menarik dari hasil pengamatan Anton, virus Windx yang diduga berasal dari kota ini ternyata menyebar cukup luas di Manado. Selain itu, panitia sempat menjamu Anton untuk menikmati segarnya mandi air panas alami di malam hari dan juga menikmati keindahan danau Tondano.

JCC
Setelah memenuhi undangan dari Sukabumi dan Manado, Anton kembali meluncur ke Jakarta, tapi bukan untuk beristirahat. Majalah PC Media kembali diundang menjadi pembicara di ajang IndoCommIT 2007 Expo & Forum, yang diadakan pada tanggal 11-13 September 2007, di Jakarta Convention Center. Di ajang ini, Agenda WiFi mengadakan seminar komputer dengan tema keamanan dan virus komputer.

Padang
Kali ini, Arief berbagi tugas dengan Anton. Ia kebagian menyambangi kota Padang, Sumatera Barat, untuk memenuhi undangan dari Universitas Andalas. Seminar yang diadakan pada tanggal 8 September 2007 lalu, dan bertemakan tentang “Virus, Penyebaran serta Pencegahannya” ini, digelar oleh UKF AgITC (Unit Kegiatan Fakultas Agricultural Information and Technology Club), Fakultas Pertanian dari Universitas Andalas. Seminar diikuti oleh para mahasiswa dan dari kalangan umum. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta pun beragam, keingintahuan para mahasiswa akan virus komputer juga begitu besar.

Kebon Jeruk
Setelah Padang, Arief kembali lagi ke Jakarta. Kali ini, Universitas INDONUSA Esa Unggul yang punya hajat. Pada tanggal 12 September 2007 lalu, tepat pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang 811, lantai 8, gedung utama universitas tersebut, dilaksanakan acara seminar virus komputer yang bertajuk “Fenomena Virus Lokal, Pencegahan dan Penanggulangan”, yang dimotori oleh tim dari Fakultas Ilmu Komputer. Dalam seminar ini, Arief memaparkan berbagai macam teknik dalam mengatasi berbagai macam permasalahan virus komputer. Selepas acara, Mohamad Rizki sang moderator yang saat itu juga menjabat sebagai ketua panitia memberikan plakat kepada pembicara, dan PC Media pada khususnya, sebagai tanda terima kasih yang diiringi dengan foto bersama.

————————
CATATAN: Semua acara seminar/workshop antivirus yang diisi oleh PC Media diselenggarakan oleh panitia acara ybs. PC Media hanya diundang sebagai pembicara dan bekerja sama dalam meliput acara tersebut untuk kepentingan publikasi di majalah PC Media dan tabloid PC Mild. PC Media sama sekali tidak pernah menyelenggarakan seminar/workshop antivirus selain di pameran komputer yang diikuti oleh PC Media Group.

Categories: Seminar & Workshop Tags:
  1. ari
    October 8th, 2007 at 05:44 | #1

    mas…ARIF masih ingat ngga seminar di padang???aq yg ngasih tau tas mas ARIF waktu kehilangan tas abis session 1 sebelum pindah ke aula….pa kbr??klo viri yg bs ilangin file lagu (.mp3) bs g ama pcmav2.0, mslhnya lagu yg ilang td msh bs d puter tp file nya udah g ada padahal udah di cari kesana kesini pake software back-up…trus d unhidden jg g mau, tp klo playlist udaj di hps br lagunya hilang total….gmn ya mas…help dong, byk lagu yg ilang nee pdhl dah lama lhoo ngumpulinnya

  2. October 15th, 2007 at 16:25 | #2

    Kok PCMAV ngk pernah ngadain seminar virus di Palangkaraya,….di palangkaraya juga banyak virusnya kaya kspoold, moontox, blue-fantasi, sality….

    kok cuma sampit yang dikunjungi knp ngk mampir sebentar ke palangkaraya…..

    moga-moga nanti pcmav mengadakan seminar virus di palangkaraya…gua tunggu lho

  3. RICKI
    November 25th, 2007 at 04:11 | #3

    hii…
    i am d biggest fan of pcmav
    🙂
    maw nanya, kok pc mav ga bisa clean n delete vbs funcess? Padahal kan virus ini dah ada sejak taon 2004(made in indo lg)
    hm….
    gmm dong ini, mohon solusinya
    by d way bus way
    cara ngirim sample virus ke redaksi pcmedia gmm?
    thx

  4. December 26th, 2007 at 20:39 | #4

    Om anton pardede, nggak publish waktu seminar ama orang pajak yah?
    :p

  5. January 10th, 2008 at 08:10 | #5

    Bang anton, bisa kerjasama untuk seminar di STMIK darmajaya lampung?

  6. March 21st, 2008 at 21:50 | #6

    Ke Bandung sudah belum?

    Rasa-rasanya ga denger, atau saya yang ga tahu yah.

  7. March 23rd, 2008 at 22:47 | #7

    Yaph.. di Bandung kaPan..?

  8. arben kurniadi
    March 26th, 2008 at 22:14 | #8

    pak anton saya begitu tertarik dengan seminar tentang virus. Bisakah bapak mengadakan seminar di Kampus BSI Cengkareng, Jakarta?
    saya sbg senat mahasiswa Siap membantu!

  9. BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    March 27th, 2008 at 00:42 | #9

    Ass.

    Pak Anton kmi dri BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akn mengadakan acara IT-Fest 2008, yg d adakan pd tgl 2-7 juni..

    Dsini kmi ada acara sminar pd tgl 2-3 juni, dan kmi mengundang PCmedia/PCMAV maker tuk mengisi acara sminar Antivirus..

    Skira nya bpk bs brkenan utk mengisi acara sminar trsbut..

    Wass..

  10. BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    March 27th, 2008 at 00:51 | #10

    Ass..

    Pak Anton kmi dri BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akn mengadakan acara IT-Fest 2008, yg d adakan pd tgl 2-7 juni..

    Dsini kmi ada acara sminar pd tgl 2-3 juni, dan kmi mengundang PCmedia/PCMAV maker tuk mengisi acara sminar Antivirus..

    Skira nya bpk bs brkenan utk mengisi acara sminar trsbut..

    Wass..

  11. BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    March 27th, 2008 at 00:53 | #11

    Ass.

    Pak Anton kmi dri BEMJ TI/SI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akn mengadakan acara IT-Fest 2008, yg d adakan pd tgl 2-7 juni..

    Dsini kmi ada acara sminar pd tgl 2-3 juni, dan kmi mengundang PCmedia/PCMAV maker tuk mengisi acara sminar Antivirus..

    Skira nya bpk bs brkenan utk mengisi acara sminar trsbut..

    Wass…

  12. HannY
    May 25th, 2008 at 05:53 | #12

    Ass. Langsung aja tanya yah. Apa yang bisa PcMav taklukin? ‘n kalau setelah di scan, filenya bisa hilang tidak? Mohon segera dijawab dan terimakasih sebelumnya. Wass.

  13. August 7th, 2008 at 15:37 | #13

    kapan di Jakarta ??

  14. Jerk
    February 1st, 2009 at 07:31 | #14

    Fuckup to ***** * *******

    (IP: 125.160.237.199, 199.subnet125-160-237.speedy.telkom.net.id)