Home > Pengumuman > Top 10 Virus, Januari 2008

Top 10 Virus, Januari 2008

January 4th, 2008

Inilah 10 virus yang banyak dilaporkan menyebar di Indonesia selama periode Desember 2007-Januari 2008. Visual Basic masih menjadi bahasa pemrograman favorit para pembuat virus, diikuti oleh Script/VBScript, dan beberapa menggunakan Delphi.

Berada di urutan pertama, sekaligus telah membuat gebrakan adalah virus Tati. Ia tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuatnya naik daun berada di puncak urutan atas. Bahasan lengkap virus ini bisa Anda baca pada rubrik virus, majalah PC Media edisi 02-2008. Inilah daftar selengkapnya:

Tati1. Tati
Virus sederhana berbasis script, dibuat menggunakan AutoHotKey, program semacam automation script. Tidak menggunakan teknik yang canggih-canggih. Hanya berkamuflase dengan menggunakan icon mirip folder standar Windows. Pada root drive komputer terinfeksi, akan terdapat file teks yang berisi pesan dari si pembuat virus dengan nama tati.my.love.txt.

WindX2. Windx
Dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, background dari folder Windows akan diubah, sehingga menampilkan sesosok kartun Jepang. Pada varian barunya, wallpaper Desktop pun akan ia ubah juga.

GetRaw3. GetRaw
Dibuat menggunakan Visual Basic. Dalam tubuhnya, ia memiliki beberapa file pendukung virus lainnya, yang juga dalam bentuk executable. Icon dari file pendukung ini bermacam-macam, mulai dari icon mirip file .pdf (Adobe Acrobat), mp3 (WinAmp), dan lain-lain. Pada file properties virus ini, akan terdapat tulisan GetRaw.

Aksika4. Aksika
Dibuat menggunakan Visual Basic. Karena source code virus ini banyak sekali ditemukan di Internet, jadi siapapun bisa mengubah-nya dan meng-compile ulang sehingga menjadi sebuah varian baru. Varian pertama menggunakan icon folder dalam penyamarannya, dan biasanya akan terdapat file teks dengan nama puisi.txt yang berisi pesan dari sang pembuatnya. Ia pun dapat menginfeksi flash disk dengan membuat file autorun.inf.

Kalong.vbs.B5. Kalong.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Selain menciptakan file autorun.inf pada flash disk agar dapat running otomatis, caption dari Internet Explorer pun akan diubah menjadi “:: X2 ATTACK ::” saat terinfeksi virus ini. Selain itu, pada saat logon, Windows akan menampilkan kotak informasi yang bertuliskan “KOMPUTER ANDA ADA KEYBOARDNYA!!”.

SlowButSure.vbs6. SlowButSure.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Ia menciptakan file autorun.inf yang sudah dirancangnya pada flash disk, sehingga dapat running otomatis saat mengakses drive flash disk. Pada caption Internet Explorer akan terdapat tulisan “Hacked by Zay” atau pada varian lain “Hacked by Godzilla”. Dan pada System Propertis komputer korban, informasi Registered Owner akan menjadi “r4n694-24y”, dan untuk Registered Organization akan menjadi “Don’t Panic, System anda sudah kami ambil alih !”.

KSpoold7. KSpoold
Dibuat menggunakan Delphi. Virus yang bisa running dalam bentuk “services” dan menggunakan teknik DLL Injection ini dapat menginfeksi file .doc dan .xls. Selain itu ia dapat merusak file-file database seperti .mdb, .ldf, dll.

Ezrael.vbs8. Ezrael.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Dapat menyebar cepat ke setiap drive yang ada di komputer korbannya. Pada komputer terinfeksi, caption dari Internet Explorer akan menampilkan kata-kata yang mencaci-maki negara lain. Atau jika dilihat pada source code virus ini, akan terdapat string “do u still remember dis day us_3?“.

Virus GameCape9. GameCape
Dibuat menggunakan Visual Basic. Hadir dengan icon bergambar seorang anak kecil. Dalam aksinya ia akan membuat salinan tubuhnya pada setiap drive yang terdapat dalam komputer Anda, bahkan Flash Disk. Jadi, pada root drive akan terdapat 3 file baru yakni Game-C4P3_D3H.exe, Autorun.inf dan MSVBVM60.dll. Selain itu, ia pun akan menggantikan beberapa program atau tool bawaan Windows seperti Task manager dan Regedit dengan Notepad. Jadi setiap Anda mencoba menjalankan aplikasi tersebut yang muncul adalah Notepad.

Fast Firus Engine10.Gen.FFE
Program Virus Generator Gen.FFE (Fast Firus Engine) ini dibuat menggunakan Visual Basic. Virus hasil generate-nya biasanya ber-icon-kan mirip folder Windows. Saat terinfeksi, biasanya ia menciptakan file dengan nama ‘baca euy.txt‘ yang berisi pesan dari si pembuat virus.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Categories: Pengumuman Tags:
  1. hadi
    February 7th, 2008 at 17:06 | #1

    aq kena virus republik nech?aq smpat pake 4 produk antivirus termasuk pcmav blm bs detek nih virus.gimana nech??

  2. Atp_xing
    February 8th, 2008 at 15:31 | #2

    gimana cara munculin folder yang tersembunyi akibat virus tati?
    saya sudah menghilangkan virusnya, tapi folder yang hilang belum kembali!
    tolong carikan solusinya! cause ada data penting!
    hasilnya tolong kirim ke email saya ya…

  3. henaldo
    February 9th, 2008 at 14:44 | #3

    temen gue terinfeksi virus Windx, trus d scan dgn pcmedia RC24, antivirusnya gak jln di komputernya !!!!!!!!!!
    Exit way ????????

  4. February 22nd, 2008 at 12:00 | #4

    dasd

  5. February 22nd, 2008 at 13:27 | #5

    tolong dong PC MAV dibuatin antivirus buat virus esoJray.exe soalna virus ni nyebelin buanget. RC24 update build + clam AV juga ga bisa bersihin nih virus. Aku harus gimana dumz…?? bingung bgt nich, so please di versi berikutnya tolong ditambahin database virusna yach….

  6. February 23rd, 2008 at 15:41 | #6

    mINta uPDATE pC mav rC 24 dOnk

  7. chadz
    March 10th, 2008 at 13:26 | #7

    aq dapet virus yang bisa ngubah smua file jadi winrar,pke pc mav g bisa gmana ya cara ngapusnya bingung ne…….

  8. Dany
    March 25th, 2008 at 08:57 | #8

    Msconfig dan Kspoold : Hati – hati dengan entri “K Print Spooler” di MsConfig dan Services di MMC! Bisa jadi ada KSPoolD nya!

  9. Dany
    March 25th, 2008 at 09:03 | #9

    He he… Kata kata caci maki dari Ezrael alias Win31.dll.vbs itu (BANTAI USA & EZRAEL). Kadang menyebar dengan file setup game Air Strike Gulf Thunder! Di sekolahku ada virusnya! McAfee VirusScan bilang itu tipe VBS/IE.Title!!

  10. bondan
    April 18th, 2008 at 06:00 | #10

    Gimana cara membersihkan virus republik, karena sangat mengganggu dan meresahkan

  11. Yudha
    April 21st, 2008 at 12:10 | #11

    Flask disk Q kena Virus Alman boot.exe dan sdh pake berbagai antivirus tetapi blm ada yang bisa membasminya.yg aneh adlh ktka diisi data dan di format flask disk protekted/cannot write protectin

  12. Yudha
    April 21st, 2008 at 12:11 | #12

    Flask disk Q kena Virus Alman boot.exe dan sdh pake berbagai antivirus tetapi blm ada yang bisa membasminya.yg aneh adlh ktka diisi data dan di format flask disk protekted/cannot write protection.dan bagaimanakah solusinya

  13. April 21st, 2008 at 13:20 | #13

    bwt yudha…coba pake smadAV,disitu d fasilitas 1 virus by user..ambil j sample virusnya..trus scan d tempat yan sama semoga bisa membantu….asslm

  14. yanto
    September 16th, 2008 at 11:57 | #14

    kemarin malam saya coba membuka sebuah flash disk tapi ada satu gambar asing yang tidak pernah saya masukan ke flash disk dengan nama sabar subur 3.jpg saya sempat bingung dari mana nih gambar tersebut ternyata itu merupakn virus kayaknya tapi antivirus symantec yang update tidak bisa mendeteksi malah dalam pencarian dinyatakan tidak ada file tersebut terus pakai avg update cuman kedeteks ada file tapi tidak ada tindakan seperti ini virus atau trojan mungkin ada yang mengalami hal ini atau ada antivirus untuk menghapusnya

  15. Chandra
    April 30th, 2009 at 10:24 | #15

    Ada yg tau apakah sxs32.exe? pake Adware terdeteksi n diapus, tp terus muncul. gimana ilanginnya?? help
    Terus mau tanya kenapa ada web (saya punya blog) ngak bisa di buka pake internet explorer???
    thanks…

Comment pages
1 2 145
Comments are closed.