Home > Pengumuman > Top 10 Virus, Maret 2008

Top 10 Virus, Maret 2008

March 3rd, 2008

Serangan dan produksi virus lokal sepertinya mulai melemah. Terbukti, di periode ini, jumlah virus kiriman pembaca dan laporan – laporan mengenai penyebaran virus mulai berkurang, namun kita harus selalu tetap waspada.

Tren virus kali ini sepertinya mengarah kepada virus jenis VBScript. Laporan penyebaran virus jenis script ini lebih banyak jika dibandingkan jenis virus biasa yang sudah dikenal dalam bentuk executable. Berikut daftar selengkapnya:

1. Gen.VirVBS.vbs
Tampilan dari program Vir.VBS GeneratorVirus ini dihasilkan oleh sebuah program Virus Generator yang dinamakan Vir.VBS Generator oleh pembuatnya. Program ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ukuran dari program tersebut cukup kecil, sekitar 64.512 bytes dalam keadaan terkompresi menggunakan UPX. Generator ini mengklaim dirinya dapat menghasilkan virus jenis VBScript yang memiliki beberapa kemampuan seperti stealth, encryption, time-bomb bahkan polymorphic. Virus yang dihasilkan sudah cukup banyak dan terbukti menyebar, maka tidak heran ia menduduki peringkat pertama di 10 virus teratas periode kali ini.

2. ForrisWaitme
Pesan dari pembuat virus ForrisWaitme.Virus yang dibuat dengan Visual Basic ini menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk melakukan penyamarannya. Beberapa ulahnya adalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu Folder Options, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi, dan masih ada yang lainnya.

3. Kalong.vbs
Virus Kalong.vbs mengubah caption dari Internet Explorer.Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Selain menciptakan file autorun.inf pada flash disk agar dapat running otomatis, caption dari Internet Explorer pun akan diubah menjadi “:: X2 ATTACK ::” saat terinfeksi virus ini. Selain itu, pada saat logon, Windows akan menampilkan kotak informasi yang bertuliskan “KOMPUTER ANDA ADA KEYBOARDNYA!!”.

4. Pray
Virus Pray mengingatkan user untuk sholat?Virus lokal ini dibuat menggunakan Visual Basic. Kami mendapati 2 varian dari virus ini, untuk varian Pray.A tidak memiliki icon, sementara untuk varian Pray.B menggunakan icon mirip Windows Explorer. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat.

5. Discusx.vbs
Discusx.vbs mengubah title dari Internet Explorer.Virus VBScript yang satu ini, memiliki ukuran sekitar 4.800 bytes. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

6. SangPerawan
Info Tip yang muncul saat penunjuk mouse diarahkan sejenak kepada file virus.Virus ini dapat mengakibatkan file .jpg Anda tidak bisa dibuka, karena virus ini akan meng-append file .jpg yang ditemukannya ke dalam tubuh sang virus. Ia dibuat dengan Visual Basic, dengan ukuran sekitar 98.304 bytes tanpa di-compress. Isi field Description pada Version Information virus ini terdapat kalimat “Untuk semua orang yang tak pernah menghargai aku”.

7. TQ.vbs
Isi file virus jika dibuka dengan Notepad.Virus VBScript ini akan membuat file winconfig.dll.vbs dan autorun.inf pada root drive yang diinfeksinya. Jika file virus dibuka dengan Notepad, pada awal-awal file tersebut akan terdapat string aneh yang sebenarnya hanya untuk membingunggkan user saja, tapi jika Anda scroll ke bawah maka akan terlihat isi file virus sebenarnya. Virus ini pun mengubah caption Internet Explorer menjadi “Brought to you by TQ!” dan mengubah halaman defaultnya menjadi “http://blogtq.blogspot.com/”.

8. SlowButSure.vbs
SlowButSure.vbs mengubah caption dari Internet Explorer.Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Ia menciptakan file autorun.inf yang sudah dirancangnya pada flash disk, sehingga dapat running otomatis saat mengakses drive flash disk. Pada caption Internet Explorer akan terdapat tulisan “Hacked by Zay” atau pada varian lain “Hacked by Godzilla”. Dan pada System Propertis komputer korban, informasi Registered Owner akan menjadi “r4n694-24y”, dan untuk Registered Organization akan menjadi “Don’t Panic, System anda sudah kami ambil alih !”.

9. Tati
Pesan dari virus Tati.Virus sederhana berbasis script, dibuat menggunakan AutoHotKey, program semacam automation script. Tidak menggunakan teknik yang canggih-canggih. Hanya berkamuflase dengan menggunakan icon mirip folder standar Windows. Pada root drive komputer terinfeksi, akan terdapat file teks yang berisi pesan dari si pembuat virus dengan nama tati.my.love.txt.

10.Stargate
Pesan dari pembuat virus Stargate.Dibuat menggunakan Visual Basic. Menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk menyamar. Ia dapat menyebar melalui flash disk ataupun jaringan (network) melalui sharing folder. Virus ini menghalalkan segala cara agar ia dapat bertahan hidup selama-lamanya di komputer korban, diantaranya dengan mem-bypass beberapa aplikasi bawaan Windows seperti Registry Editor, Command Prompt, dan juga beberapa program antivirus. Pada komputer terinfeksi, akan terdapat banyak sekali file duplikat dari si virus, bahkan beberapa icon aplikasi di Start Menu pun akan berubah menjadi icon folder karena ulah virus ini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Categories: Pengumuman Tags:
  1. Ganesha
    May 15th, 2008 at 08:58 | #1

    VIRUS SIAPA TAKUT !!!
    Antivirus tidak akan pernah menang lawan virus karena virus selangkah lebih maju dari Antivirus. kita tidak akan pernah menang lawan virus apabila keduanya masih di level program / software. Solusinya gunakan proteksi secara hardware dg RECOVERY CARD maka dijamin Windows akan bebas virus 100% selamanya. virus jadi lumpuh dan ompong.

  2. Mr hahok
    May 27th, 2008 at 15:53 | #2

    ciank………
    sualut buat virus maker….
    minta sample virus na dunk plis kirim ke email diatas……
    sekalian anti na…..
    minta yang pray plis bgt….

  3. David
    June 16th, 2008 at 21:25 | #3

    Bung Ganesha beli dimana recovery card-nya, terima kasih.

  4. June 17th, 2008 at 16:54 | #4

    ada yang tau atasi virus reisya ga?

    komputer temen gw kena tu virus….n d dlm komputer nya banyak files penting…bagi yang tau tolong kirim email k saya cara mengatasi nya

    virus reisya ini membuat partisi c (windows) hilang, document folder tidak bisa d buka, run disable, turn off disable, task manager disable, jam berubah jadi kata2 reisya, dan pada waktu pertama kali masuk windows, desktop d buat coret2

    bagi yang tau cara hilangin nih virus (selain install ulang) tolong email k saya

    thanx b4

  5. ekoboy
    July 24th, 2008 at 19:10 | #5

    copot aja harddisknya,
    boot pakai komputer yang bersih, copy file yang dibutuhkan, hapus file-file reisya. terus install ulang harddisk yang kena virus. :)

  6. HDHT
    July 26th, 2008 at 14:22 | #6

    BBBangga dengan pembuat virus, tapi mereka tidak sadar jika sebenarnya mereka telah merusak tentunya data/komputer teman, saudara, tetangga, adik, dll orang dekatnya dipecat karena data perusahaan hilang. saya berharap (tanda kutip) mereka membuat virus yang lebih ampuh lagi agar saudara kita orang Indonesia sibuk dengan virus hingga mereka melakukan pekerjaan hanya untuk membasmi virus, sedangkan pengguna luar negeri giat menjual anti virus kepada kita. tentunya kita akan semakin ketinggalan baik dari kemahiran bidang informasi terutama komputer. demikin salam untuk pembuat virus (saya yakin 99,9% pembuat virus mengakses website ini, kemungkinan yg 0,1% terjadi jika pembuat virus mati karena virus yg dibuatnya sendiri)

  7. HDHT
    July 26th, 2008 at 14:28 | #7

    Terima kasih kepada para saudara-2 yang dengan tanpa pamrih memberikas saran bagaimana mengatasi virus, atas nama mereka yang mendapat saran saya mengucapkan terima ksih banyak.

  8. HDHT
    July 26th, 2008 at 14:30 | #8

    Terima kasih kepada para saudara-2 yang dengan tanpa pamrih memberikan saran dan info bagaimana mengatasi virus, atas nama mereka yang mendapat saran saya mengucapkan terima kasih banyak.

  9. Almarhum
    July 26th, 2008 at 23:02 | #9

    PCMAV 1.5 membuang semua teknologi heuristicnya, tanya kenapa?

  10. August 29th, 2008 at 12:28 | #10

    Numpang ngutip yah om…..

    He.. Makasiy :)

    Regards,
    ucrit

  11. September 21st, 2008 at 16:34 | #11

    mohon bantuaaaaaaan…
    gara2 download game, file2 proteksi dan yg non proteksiku pada hilang. Kenapa bisa ya? dah coba pake recovery dapat filenya tapi isi kosong. yang *.mp3 isinya beda dgn judul.
    kenapa foldernya tertinggal (ada) tapi koqga ada isinya “folder is empty”?
    Padahal juga dah pk antivirus AVG8 dan rubah balik ke AVG7, teteeeeeeeep…
    Mohon bantuan….itu file kerjaan kantor. pliiiiiisssss…..
    Terima kasih sebelumnya

  12. December 5th, 2008 at 13:33 | #12

    heheheheee….virus pray nya bagus juga tu…biar rajin sholat. Tapi klo bikin kompku jadi bobrok ya…sama aja nggak guna…lgpila bnyk tugas..
    o iya…di sini adain contoh2 virus n bsa bwt di download virusny. Bwt bahan plajaran. o iya tolong, kompnya tmenku kna virus amang hacker..kompnya nanti ada tulisan macem2…smua folder g bisa di buka..trus tiba2 anti virusnya g aktif, klo ada yg bisa ngatasin plz krm ke e-mail ku ya.
    tengggssss verry muche

  13. cyber_ghost
    December 29th, 2008 at 16:15 | #13

    PCMAV oK buat pertolongan pertama klo kena virus
    Tapi kalo ga bisa juga baru pake antivirus lain,
    Note : instal antivirus dlm pc minimal versi free, spt avg/avira N slalu update, kalo instal antivirus disarankan ga lebih dr satu antivirus, and buat yg slalu online tambahkan juga firewall biar lebih aman.

    thnks

  14. ijay
    April 29th, 2009 at 20:26 | #14

    bisa kirimin file virus reisya gak?
    karena q lgi butuh nih buat tugas akhir?
    please….

  15. d2 krenz
    June 23rd, 2009 at 10:28 | #15

    Bwat virus makers, trus kembangin project lw. klo bisa serang database nya malaysia yg tlah menginjak2 harga diri kita. kembangin trus virus “moonlight” nya byar folder2 org malaysia ga bs dibuka.

Comment pages
1 2 3 181
Comments are closed.