Home > Pengumuman > Top 10 Virus, Agustus 2008

Top 10 Virus, Agustus 2008

Perkembangan virus baru masih lemah, bisa dikatakan hampir sama dengan periode lalu. Namun ada beberapa virus baru yang banyak dilaporkan oleh pembaca PC Media, seperti Apong, Babel, dan SmsLucu. Beberapa virus yang telah masuk 10 besar di bulan lalu juga ada yang masih bertahan di 10 besar virus kali ini.

1. Apong
File properties dari virus Apong.Virus ber-icon mirip folder standar Windows ini dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer terinfeksi, ia akan membuat beberapa folder tiruan pada setiap root drive yang ia temui dengan nama seperti Laporan_baru.exe, wisata_lampung.exe, New Folder1.exe, dan New Folder2.exe. Pada folder Startup pun akan terdapat file virus yang akan aktif otomatis saat memulai Windows, dengan nama Msoffice.exe. Pada file properties virus ini, di bagian Internal Name akan tertera “Apong”. Atau pada Product Name akan tertera “NginuL”. Untuk pembasmian sempurna, silakan gunakan PCMAV yang telah digabung bersama update Build1 kali ini. Dan agar virus ini tidak membunuh PCMAV, rename terlebih dahulu file PCMAV-CLN.exe misalnya menjadi 123456.exe.

2. Babel
Virus Babel menampilkan gambar peta.Virus berukuran raksasa yakni sekitar 3.6MB ini menggunakan icon dari Windows Media Player. Pada komputer terinfeksi, saat virus yang dibuat dengan Delphi ini dijalankan, ia akan menampilkan gambar peta dengan tulisan “Selamat Datang Di Kepulauan Bangka Belitung”.

3. SmsLucu
Pesan dari virus SmsLucu.Virus ini menggunakan icon mirip icon file teks Notepad. Ia dibuat menggunakan Visual Basic, dengan ukuran tubuhnya sebesar 73.728 bytes, tanpa di comrpess. Untuk memudahkan dalam mengenali virus ini, bisa dilihat pada File Properties nya, di bagian Version Information, akan terdapat kata – kata seperti “buat cinta” pada description nya atau “sms_Lucu” pada Internal Name. Virus ini dapat menyembunyikan data Anda, seperti yang juga telah ia katakan pada pesannya. Untuk membasmi virus ini, silakan update PCMAV Anda dengan Build2 kali ini. Dan rename file PCMAV misalnya dari PCMAV-CLN.exe menjadi 123456.exe jika ternyata PCMAV tidak berhasil dijalankan karena di-blok oleh virus-nya.

4. RontokBrow varian
Pesan kesalahan dari salah satu variant virus RontokBrow. Beberapa varian dari virus RontokBrow juga berhasil terjaring kali ini. Virus yang memiliki nama yang hampir sama dengan Brontok ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ada 2 varian yang didapat dalam periode kali ini, yakni RontokBrow.H dan I. RontokBrow.H menggunakan icon mirip dokumen Microsoft Word, sementara RontokBrow.I menggunakan icon mirip folder standar bawaan Windows. Pada salah satu varian tersebut terkadang menampilkan pesan kesalahan seperti gambar diatas.

5. Rieysha varian
Beberapa varian virus Rieysha mengubah status AM/PM menjadi rieysha. Ditemukan beberapa varian virus Rieysha yang banyak menyebar di periode kali ini. Salah satu varian-nya seperti Rieysha-Desa memiliki ukuran tubuh sekitar 148KB dengan icon menyerupai file multimedia. Pada komputer terinfeksi, status AM/PM akan diubah menjadi “rieysha”. Hal ini juga dilakukan oleh varian Rieysha yang lain.

6. FKG
Tampilan icon virus FKG menyerupai Notepad.
Virus lokal yang satu ini menggunakan icon mirip Notepad dalam penyamarannya. Virus yang lagi-lagi dibuat menggunakan Visual Basic ini memiliki ukuran file sebesar 77.824 bytes, tanpa di-compress. Virus ini akan memblokir akses terhadap Regedit, Command Prompt, Folder Options, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada interval waktu tertentu, virus ini pun akan melakukan Log Off pada Windows Anda. Pada harddisk ataupun flashdisk, Anda juga akan menemukan beberapa file virus yang menyamar dengan nama skripsi.exe dan puisi.exe.

7. Ang.vbs.B
Virus Ang.vbs.B menghapus default caption dari Internet Explorer. Virus jenis VBScript ini memiliki ukuran file sebesar 7.292 bytes. Ia akan menginfeksi registry userinit untuk dapat running otomatis. Pada komputer terinfeksi, ia pun akan menghapus default caption dan URL pada Internet Explorer. Dan tak lupa ia juga menciptakan file autorun.inf pada drive yang ada untuk memudahkannya dalam menyebarkan diri.

8. Alzheim
Virus Alzheim menampakan kehadirannya pada System Properties. Virus yang memiliki ukuran tubuh sebesar 339.968 bytes ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ia menggunakan icon mirip seperti file video yang biasanya digunakan oleh aplikasi Media Player Classic. Virus ini akan membuat beberapa file virus penggoda dengan nama-nama seperti anak SMU.exe, sexyvb.exe, smu purwokerto.exe, atau Cewek perawan.exe. Virus ini juga memblokir beberapa program yang ia anggap berbahaya, contohnya Regedit.exe. Jika user memaksa untuk menjalankannya, maka akan muncul pesan “Can not open this program. Your system maybe has been changed.”.

9. VCybe
File pesan dari sang pembuat virus VCybe. Memiliki ukuran file sebesar 162.304, terkompresi menggunakan UPX. Virus yang berlambangkan mirip seperti aplikasi Microsoft Word ini juga dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer terinfeksi, akan terdapat file VCybe.txt pada root drive atau pada direktori Windows. Beberapa fitur windows pun ia blokir, seperti contohnya Folder Options, Regedit, Command Prompt, dan Task Manager.

10. Discusx.vbs.B
Discusx.vbs mengubah title dari Internet Explorer.Tidak ada perbedaan jauh antara varian yang satu ini dengan yang sebelumnya. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

Categories: Pengumuman Tags:
  1. yoai
    August 4th, 2008 at 21:20 | #1

    apapun top ten virus, tapi bagi gw PCMAV cuma mantep buat ngebasmi virus lokal doang.. makanya gw gabungin PCMAV sama antvrus luar.. btw.. PCMAV harus lebih mantep dong.. liat aja… masih banyak keluhan tentang PCMAV (padahal ngakunya udah final release).. kan bilang ANTVIRUS TERBAIK DI DUNIA.. apa iya??? maju terus PCMAV

  2. deydi
    August 4th, 2008 at 21:37 | #2

    bagimana pun hebatnya PCMAV hingga saat ini belum bisa menghapus virus di flash saya : Copy of Desktop.ini

  3. August 4th, 2008 at 22:17 | #3

    PCMAV seep dah!!

  4. Deniz
    August 4th, 2008 at 23:04 | #4

    Om all mana updatan vdb nya huhuhuhu…
    w pengen sedot nih..

  5. August 5th, 2008 at 01:41 | #5

    Sip lah Kelima……..
    Makasih coz, bagus neh buat nolongin Virus Lokal (Doang)

  6. August 5th, 2008 at 09:00 | #6

    Asyik ke 6 . . . . . !
    Maju terus Virus Indonesia . . . .
    Tanpa Virus, Antivirus tak akan Maju ….

  7. August 5th, 2008 at 12:17 | #7

    PCMEdia memang harus selalu up-date… 🙂

  8. setan
    August 5th, 2008 at 12:33 | #8

    wah ada virus baru lagi,PINTER YA ORANG2 PCMAV,BIKIN BANYAK VIRUS AGAR ATIVIRUSNYA LAKU…inget DOSA lho…

  9. August 5th, 2008 at 13:35 | #9

    No. 9…..

  10. August 5th, 2008 at 18:53 | #10

    Gila, si apong no 1. virus apaan tuh?

  11. August 5th, 2008 at 21:14 | #11

    Hai Orang2 Beriman, pergilah ke jalan yang lurus,

    tunjukilah mereka2 itu jalan yang benar. Bismillah…..

  12. jojo
    August 6th, 2008 at 02:42 | #12

    12…
    “tantangan” nih buat PCMAV!!
    gimana carana, biar DATABASE “CLAMav”, bisa dipake buat CLEAN, bukan cuma Detect n Delete (Cure) doank..
    Inget, yang susah yang berharga.. be the best, antivirus nusantara.. 🙂

  13. Frans
    August 6th, 2008 at 09:43 | #13

    saya setuju dengan pendapat jojo
    cure jangan hanya bisa Delete
    karena banyak file-file yang hilang ketika di cure
    coba bayangkan kalo file skripsi dan sudah mau sidang
    wah bisa repot
    tolong donk pcmav cure hanya menghapus virusnya saja
    bukan filenya

    Maju Terus PCMAV

  14. ajied
    August 6th, 2008 at 11:57 | #14

    please tolong donk…. kemudian ada button “isi sekarang” emailnya my_shuriken@yahoo.com
    tiba2 kompiku muncul box warna hitam dengan tulisan
    “apa kabar semuanya lam kenal ^-^”

    dan di bawahnya ditulis, bahwa ini bukan trojan, tapi akan membantu anda menghilangkan virus varian brontok…..

    please all gimana nich gw bingung(mo restart takut, nga restart box itam ini nga bisa ilang)

  15. setan
    August 6th, 2008 at 14:01 | #15

    FORMAAAATT!!!!!!!!

  16. August 6th, 2008 at 16:01 | #16

    Ya ampun, segitu kreatifnya sampe banyak bgt virus baru.

  17. ray
    August 7th, 2008 at 08:28 | #17

    weleh weleh Kompi2 dikantor gwe kebanyakan virusnya maxtrox(windx.c) yang edisi 1 agustus,tolong dong!!!??? pake PCMAV 1.5 kedetek tapi kagak bisa hapusin semuanya.Gwe udah hapus melalui safe mode kagak bisa juga tolong dong solusinya, ini kayaknya lebih sadis,dis,dis!!! dari yang 1 April 2008, dia kayaknya menempel sama file2 EXE. si pembuat kayaknya udah pintar nih Bro&Mba PCMAV Khususnya di daerah saya Manado dan sekitarnya Tolong dong buat antinya sangat merugikan skali tolong yah solusinya.OK’s

  18. Aegis
    August 7th, 2008 at 11:18 | #18

    Aku lagi pening… Kompie ku terkena Virus CVLU… lalu aku scan pake pcmav terbaru… OK virusnya ke delet…. Naah tinggal ada 30-an virus yang bersarang di file *.doc aku… nggak keditek sama PCMAV + dua virus aneh… Trik Jitu.exe, Programming for dummy.exe… dengan icon setup Aku blom berani hapus… takut dataku ilang…

  19. BeTe Ma Pirus
    August 8th, 2008 at 08:41 | #19

    Duh,,,Ari pcmav mah yg suspect virus’y teu bisa d apus nya?!
    Kmptr aing oge da vrs’y nweh.,teuing nm’y .vbs d system32 ma folder wbem yg msh d system32…piye toh iki??discan pake pcmav 1.5 build tilu nu anyar teu kedetect oge…cuapek dweh!! Wooy bntu aing dunk…aing gi bqn Lap.Akhir bwt sidang..tkt file’y kena tu virus…Gde file’y 17kb,,vrus’y blm ngapain2 cmn msh d nangkring difolder system ma UFD!

  20. zero
    August 8th, 2008 at 16:05 | #20

    urang teu bisa bantu. tu virus ga terlalu berbahaya. kalo mau kirim aja ke redaksi@pcmedia.co.id dalam format zip/rar yg terpassword.

  21. August 8th, 2008 at 22:36 | #21

    waduh gak 10 besar

    semangat !

  22. Godra25
    August 11th, 2008 at 13:35 | #22

    Buat pembuat virus VCybe, selamat deh Anda telah berhasil membohongi diri Anda sendiri. Pura2x membenci porn video, padahal………..

  23. August 14th, 2008 at 01:43 | #23

    wah….da yang tau cara nanganin Virus PWT UnderCover.exe ga?…..

  24. Vcybe maker to Gonda
    August 14th, 2008 at 09:47 | #24

    silahkan kamu mau berkata.. apa..
    i like porn..
    But stead in my opinion…
    ” Porn is Bangsat….”
    Taw gak lo….

  25. dyah
    August 27th, 2008 at 12:57 | #25

    wah…gk seru bngt tuch klo ad yg kayak gituan….hilangin aja dr indonesia raya ini…….

  26. September 11th, 2008 at 16:34 | #26

    tolong bantu saya menghapus virus berekstensi screensaver(.SCR)
    nama virus screensaver.SCR, gadishot.SCR.
    virus ini dalam bentuk folder dan memiliki autorunf

  27. dark
    September 22nd, 2008 at 12:23 | #27

    VIRUS ” apakah anda muslim
    (Ya……………………Bukan)
    kalau bukan ERROR loading system,,
    gimana mengatasinya…?

  28. ximens
    October 12th, 2008 at 15:30 | #28

    mau tanya ngilangin virus purwokerto undercover gimana ya???

  29. November 17th, 2008 at 14:27 | #29

    cara ngilangin purwokerto UnderCover gmn???

    kasi tau donk!!

  30. boyzzz
    November 24th, 2008 at 13:23 | #30

    tetep aja gak bisa hapus virus yang ada berekstensi desktop.ini yang jumlahnya ratusan di kom gw.. tolong update terbaru buat hapus ni virus…

  31. Blank a Head
    December 9th, 2008 at 15:14 | #31

    Blok aja VBscript di kompie.. beresss..

  32. January 24th, 2009 at 09:36 | #32

    iya,,
    tolong donk gimana sih cara ngilangin purwokerto undercover??